PENJELASAN KOPERASI DIGITAL & DIGICOOP

Apakah Digicoop? Apakah Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri?
  1. Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri (KDIM) adalah koperasi jasa atau koperasi simpan manfaat yang diinisiasi oleh 2 organisasi digital yang sudah bergerak di industri digital/telematika Indonesia selama lebih dari 20 tahun, yaitu APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia).
  2. Digicoop adalah brand smartphone milik KDIM.
  3. Kantor Pusat KDIM berlokasi di Gedung Cyber Lantai 5, Jl. Kuningan Barat no 8, Jakarta 12710, Email : info@koperasidigital.id, Web : https://koperasidigital.id

Apakah syarat untuk menjadi anggota koperasi?
  1. Keanggotaan KDIM terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia.
  2. Memiliki email & KTP untuk melakukan pendaftaran.
  3. Melakukan pendaftaran secara online pada url link https://koperasidigital.id atau di http://digicoop.id atau di referral link dengan format http://reg.digicoop.id/[referral_code]
  4. Melakukan simpanan sesuai pilihan pada saat registrasi dengan mengikuti instruksi yang dikirimkan ke email yang digunakan pada saat pendaftaran.
  5. Instruksi yang krusial untuk diikuti dengan tepat adalah
    1. Jumlah Simpanan yang harus dilakukan (beserta kode unik); dan
    2. nomor rekening tujuan transfer.
  6. Jika instruksi diikuti dengan tepat, maka pembayaran simpanan akan terdeteksi secara otomatis dalam waktu kurang dari 15 menit.

Ada berapakah jenis simpanan di KDIM?
  1. Simpanan yang wajib dilakukan setiap anggota adalah:
    1. Simpanan Pokok sebesar Rp 100.000,- (sekali saja)
    2. Simpanan Wajib per tahun sebesar Rp 1.200.000,-
  2. Simpanan yang tidak wajib dilakukan atau merupakan pilihan (opsional) adalah:
    1. Simpanan Khusus (Sukarela) Kepemilikan Satelit sebesar Rp 5.000.000,- per unit simpanan (sekali saja)
    2. Satu anggota dapat melakukan lebih dari unit simpanan.

Dapatkah satu kelompok masyarakat menjadi anggota KDIM secara sekaligus bukan melalui pendaftaran online individual satu per satu?
  1. Dapat, jika kelompok tersebut berjumlah lebih dari 100 orang dari sebuah institusi yang berbadan hukum (Contoh: 100 orang lebih dari karyawan sebuah perusahaan)
  2. Permohonan pendaftaran secara berkelompok dapat disampaikan melalui email ke group@koperasidigital.id

MANFAAT MENJADI ANGGOTA

Apa manfaat bergabung di KDIM dengan melakukan simpanan pokok dan wajib?
  1. Jika pada koperasi yang biasa kita kenal, anggota koperasi dapat melakukan simpanan sekaligus dapat juga melakukan pinjaman. Pada KDIM, manfaat yang didapatkan anggota bukan dalam fasilitas pinjaman, namun dalam manfaat sebagai berikut:
    1. Diberikan Smartphone buatan Anak Bangsa untuk digunakan selama menjadi anggota KDIM (smartphone tetap menjadi aset KDIM).
    2. Fasilitas Email dan Cloud dengan kapasitas penyimpanan 15 GB
    3. Fasilitas Smartphone anti usang karena akan digantikan model baru setiap 24-36 bulan (tergantung dari keaktifan anggota menggunakan smartphone tsb yang diukur dari pendapatan iklan yang masuk ke smartphone tersebut)
    4. Mendapatkan pembagian pendapatan dari Iklan Digital yang masuk ke dalam smartphone anggota, sehingga pendapatan ini dapat digunakan untuk berbagai manfaat seperti pembelian pulsa, voucher digital, pembayaran listrik, belanja online dll.
  2. Mendapatkan fee apabila berhasil mengajak rekan menjadi anggota koperasi
  3. Mendapatkan Pembagian Keuntungan (SHU – Selisih Hasil Usaha) di setiap akhir tahun.

Apakah manfaat tambahan apabila anggota memilih melakukan simpanan Khusus (Sukarela) Kepemilikan Satelit?
  1. Anggota dapat memilih satu dari dua jenis manfaat yang didapatkan yaitu :
    1. Layanan Internet Satelit Pita Lebar (Broadband) ke lokasi fixed tertentu (rumah/kantor)
    2. Pembagian keuntungan setiap akhir tahun dari penjualaan kapasitas satelit
  2. Jika anda memilih manfaat Layanan Internet Satelit Pita Lebar, maka anggota memerlukan satu set alat (Piringan & Modem Satelit) yang dapat disediakan KDIM dengan deposit Rp 9.000.000,-. Jika di kemudian hari, anggota memilih untuk menarik simpanan khususnya, alat ini dapat dikembalikan dalam keadaan baik dan deposit akan dikembalikan secara
    penuh.
  3. Untuk saat ini (Jan 2017), jumlah unit simpanan yang tersedia adalah 700.000 unit simpanan. Apabila unit simpanan ini telah seluruhnya dipenuhi, maka registrasi untuk Simpanan Khusus ini akan ditutup.

MENGENAI SMARTPHONE DIGICOOP

Apakah KDIM akan mengeluarkan model Smartphone lainnya di masa mendatang ? Apakah anggota dapat melakukan upgrade apabila ada model baru yang dikeluarkan?
  1. Ya, Model Smartphone yang akan diberikan ke anggota akan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan iklim bisnis KDIM, sehingga akan ada tipe smartphone baru berikutnya.
  2. Anggota yang sudah terlebih dahulu mendapatkan model sebelumnya, dapat melakukan upgrade secara opsional.

Dapatkah smartphone yang saya dapatkan digunakan oleh pihak lain?
  1. Smartphone yang diberikan adalah asset KDIM yang dipinjamkan ke anggota dan anggota yang bersangkutan wajib menjaganya dengan penuh tanggung jawab.
  2. Smartphone diwajibkan untuk digunakan anggota dengan identitas anggota sesuai yang terdaftar.
  3. Anggota dilarang memperjualbelikan dan/atau menyewakan smartphone kepada pihak lain.

Saya sudah melakukan pendaftaran dan simpanan secara penuh. Kapan saya dapat mendapatkan smartphone Digicoop?
  1. Saat ini (Jan 2017), Smartphone Digicoop dalam proses produksi di Bekasi, Jawa Barat.
  2. Kami jadwalkan pengiriman akan mulai dilakukan di bulan Februari 2017 dengan prioritas pengiriman dilakukan sesuai urutan anggota yang telah melakukan simpanan.

MENGENAI FEE MENGAJAK MENJADI ANGGOTA

Apakah saya mendapatkan fee apabila berhasil mengajak bergabung anggota baru? Bagaimana memastikan bahwa fee tersebut masuk ke saya dan bukan ke pihak lain?
  1. Ya, anggota akan mendapatkan fee sebesar 3% dari total simpanan (sebelum potongan pajak) yang dilakukan anggota baru yang diajaknya bergabung.
  2. Untuk memastikan pendapatan fee tersebut, maka anggota harus memastikan bahwa rekan yang diajak bergabung melakukan registrasi online dengan menggunankan Referral URL link milik anggota tersebut.
  3. Satu anggota dapat memiliki lebih dari satu referral link, yang pengaturannya dapat dilakukan oleh anggota sendiri pada dashboard keanggotaan.
  4. Untuk mengakses dashboard keanggotaan, anggota dapat melakukan login dengan menggunakan alamat email yang digunakan pada saat pendaftaran dan pin code yang dikirimkan melalui email pada saat pendaftaran.

Apabila saya bekerjasama kolektif dengan pihak lain dalam mengajak orang lain masuk anggota KDIM, apakah saya dapat membagi fee saya ke mitra saya tersebut secara otomatis ?
  1. Untuk setiap URL Link Referral yang dimiliki anggota, anggota dapat melakukan pembagian fee, sebanyak-banyaknya kepada dua mitra.
  2. Kedua mitra yang dimaksud harus sudah menjadi anggota KDIM.
  3. Jika mitra yang dimaksud bukan anggota KDIM, maka pembagian fee dilakukan secara langsung tanpa melalui sistem.

KELANJUTAN KEANGGOTAAN SECARA JANGKA PANJANG

Apa yg terjadi setelah satu tahun? Apakah uang simpanan saya hilang?
  1. Simpanan Pokok & Simpanan Wajib tetap disimpan di KDIM.
  2. Setiap akhir tahun akan dilakukan pembagian sisa hasil usaha atau SHU kepada seluruh anggota.
  3. Keuntungan ini akan diberikan ke anggota dimana kemudian anggota dapat memasukan kembali ke KDIM dalam berbagai pilihan simpanan.
  4. Di awal periode keanggotaan berikutnya, anggota wajib melakukan Simpanan Wajib untuk periode berikutnya.

Apa yang terjadi apabila anggota tidak melakukan Simpanan Wajib pada periode selanjutnya?
  1. Anggota tetap dapat mempergunakan smartphone namun haknya sebagai anggota akan ditangguhkan, yaitu:
    1. Pembagian pendapatan iklan
    2. Penggantian smartphone baru
    3. Pembelanjaan dana digital yang ada
    4. Dan manfaat lainnya
  2. Penangguhan hak diberlakukan sampai anggota melakukan simpanan wajib secara penuh untuk periode tersebut.

Apa yang terjadi apabila anggota membutuhkan dana simpanan yang dimilikinya?
  1. Anggota dapat mengajukan permohonan penarikan simpanan.
  2. Simpanan dapat ditarik secara keseluruhan dan tidak dapat dilakukan secara parsial, dengan demikian berhenti menjadi anggota KDIM.
  3. Simpanan dapat ditarik setelah melakukan pengembalian smartphone dalam keadaan baik.